webmurah.id

Jasa Membuat Website Moderen Dengan Biaya Murah

Menu

Bagaimana Google Analytics Bisa Meningkatkan Jumlah Visitor

August 28, 2017 | Belajar SEO

Bagaimana Google Analytics Bisa Meningkatkan Jumlah Visitor – Google Analytics (GA) adalah salah satu platform yang paling kuat dan termasuk kedalam tools webmaster milik google, efektif dan komprehensif untuk melacak dan menganalisis lalu lintas situs dan upaya pemasaran Anda. Tapi banyak pembisnis atau pelaku online marketing yang mengabaikan pentingnya penggunaan google analytics. Jika Anda salah satu pembisnis tersebut, artikel ini adalah untuk Anda.

Bagaimana Google Analytics Bisa Meningkatkan Jumlah Visitor 1

Meskipun tutorial mengenai GA sangat banyak, namun untuk mendapatkan data yang berguna untuk bekerja sama tidak sesulit yang Anda kira. Memahami bagaimana mendapatkan beberapa informasi dasar dari platform dapat memberi Anda wawasan bagus tentang bagaimana situs web Anda bekerja untuk bisnis Anda. Baca Juga >> Mengatur URL SEO Friendly Pada WordPress Mempercepat Index Mesin Pencari

Artikel ini akan memberi Anda pemahaman dasar tentang empat bagian kunci yang berisi data yang dapat ditindaklanjuti:

  1. Pemirsa / Audience
  2. Perilaku / Behavior
  3. Akuisisi / Acquisition
  4. Konversi / Conversions

Mari kita mulai.

Pengantar Google Analytics

Anda mungkin memiliki akun Google Analytics dan kemungkinan besar menghubungkannya ke situs web Anda. Jika tidak, dan Anda berpikir untuk mendaftar, gunakan panduan ini untuk memulai. Begitu Anda mendaftar di google analytics, Anda harus menunggu beberapa hari untuk mendapatkan data untuk dianalisis.

Hal pertama yang akan Anda perhatikan saat membuka platform adalah tata letak dan sistem menu GA (agak membingungkan). Menggunakan navigasi atas untuk fitur dan informasi tingkat akun dan navigasi samping untuk menyisir data analytics Anda.

Navigasi sisi Pelaporan bagian (di mana Anda dapat melihat analisis web Anda) dipecah menjadi beberapa bagian berikut:

  • Real-Time: Menunjukkan apa yang sedang terjadi di situs Anda saat ini. Jadi, Anda akan melihat penghitungan pengunjung saat ini di situs web Anda, halaman apa yang mereka jelajahi dan berapa lama
  • Pemirsa: Memberikan informasi rinci tentang pengunjung situs Anda
  • Akuisisi: Menunjukkan bagaimana pengunjung Anda tiba di situs Anda. Ini memberi Anda rincian (menurut saluran) tentang bagaimana pengunjung mendapatkan ke situs Anda
  • Perilaku: Menunjukkan bagaimana pengunjung berinteraksi dengan situs Anda
  • Konversi: Menyediakan data konversi untuk berbagai tujuan dan aktivitas bisnis Anda

Seperti yang dapat Anda lihat, tab Pemirsa, Akuisisi, Perilaku dan Konversi berisi data yang dapat ditindaklanjuti yang dapat Anda gunakan untuk mengoptimalkan situs Anda dan mengembangkan bisnis Anda.

Jadi mari kita bantu Anda mendapatkan pemahaman dasar tentang tab tersebut.

Hadirin / Audience

Bagaimana Google Analytics Bisa Meningkatkan Jumlah Visitor 3

Untuk melihat wawasan pemirsa Anda, klik Pemirsa> Ikhtisar di menu sebelah kiri dasbor analisis.

Seperti yang akan Anda lihat dari data Ikhtisar Pemirsa, Google Analytics memberi Anda wawasan terperinci tentang pemirsa Anda dari lokasi, hingga tampilan halaman hingga jenis perangkat hingga bahasa dan banyak lagi.

Informasi ini sangat berharga dalam memungkinkan Anda menyesuaikan situs Anda agar sesuai dengan kebutuhan pengunjung Anda dan memberi mereka pengalaman menonton yang lebih mudah.

Namun ada beberapa terminologi yang perlu dipahami terlebih dahulu untuk menganalisis secara akurat data Pemirsa Anda:

  • Sesi mengacu pada satu periode waktu tertentu sehingga pengunjung melakukan tindakan di situs Anda. Jadi, jika pengunjung melihat 3 halaman di situs Anda selama 3 menit dan kemudian keluar dari situs Anda, itu akan dicatat sebagai satu sesi dan tiga tampilan halaman
  • Seperti yang mungkin telah Anda dapatkan dari atas, Tayangan Laman akan dicatat setiap kali pengunjung melihat halaman di situs Anda
  • Pengunjung Baru adalah pengguna yang mengunjungi situs Anda untuk pertama kalinya. Mereka akan diklasifikasikan sebagai Pengunjung Kembali pada kunjungan kedua dan berikutnya
  • Pengguna adalah komputer atau perangkat yang dikelompokkan Google sebagai pengunjung unik dalam mengakses situs Anda. Jadi, katakanlah pengguna melihat situs Anda di komputer dan tablet mereka. Google akan mencatatnya sebagai dua pengguna. Bahkan jika pengguna mengakses situs Anda dari dua browser yang berbeda pada komputer yang sama, Google akan merekamnya sebagai dua pengguna
  • Halaman / Sesi adalah jumlah rata-rata tampilan halaman per sesi
  • Sebaiknya Anda meluangkan waktu untuk memahami definisi ini sebelum Anda mulai menganalisis data pemirsa yang komprehensif.

Tingkah laku / Behavior

Bagaimana Google Analytics Bisa Meningkatkan Jumlah Visitor 3

Bagian Perilaku memberi Anda data yang tak ternilai tentang bagaimana pengguna Anda berinteraksi dengan situs Anda.

Anda dapat melacak berapa lama pengguna rata-rata tetap berada di laman tertentu, jumlah jam dan hari yang Anda terima paling banyak, tingkat bouncing (persentase pengunjung yang keluar dari situs Anda setelah melihat hanya satu halaman), kecepatan situs Anda, dan lebih rinci lagi.

Luangkan waktu untuk menjelajahi dan membiasakan diri dengan bagian ini. Ini berisi semua hal yang perlu diketahui untuk mengoptimalkan pengalaman situs dan pengguna Anda, dan juga mengelola blog atau halaman konten Anda.

Perolehan / Acquisition

Bagaimana Google Analytics Bisa Meningkatkan Jumlah Visitor 4

Bagian Akuisisi cukup mudah: berisi data tentang bagaimana situs Anda memperoleh lalu lintas. Ini mencatat saluran lalu lintas berikut: organik (pencarian dan langsung), berbayar, rujukan, email dan sosial. Ini juga memberi Anda wawasan penting tentang kinerja kampanye pemasaran Anda.

Apa yang seharusnya benar-benar Anda lihat di bagian Akuisisi adalah Sasaran.

Sasaran adalah apa yang Anda harapkan dapat dicapai oleh pengunjung atau setelah menggunakan situs Anda. Mereka diringkas dalam Ikhtisar bagian ini namun tidak disajikan atau dipecah secara rinci. Di situlah bagian Konversi masuk.

Konversi / Conversions

Pelacakan konversi bisa dibilang merupakan fungsi terpenting di Google Analytics. Bagaimanapun, tujuan akhir dari perangkat lunak / alat analisis web mana pun adalah untuk membantu Anda menentukan dan meningkatkan kesuksesan situs web dan bisnis Anda.

Untuk mengoptimalkan Google Analytics, Anda harus memahami dan mengidentifikasi indikator kinerja utama (KPI) Anda dan menetapkannya sebagai Sasaran. Sasaran bisa berkisar dari penayangan video, pendaftaran nawala, pembelian dan lainnya.

Pikirkan dengan cermat bagaimana Anda mengukur keberhasilan bisnis Anda sebelum menyiapkan Sasaran di GA. Penyiapan yang akurat akan memungkinkan Anda untuk menganalisis data lalu lintas situs Anda secara lebih efektif.

Menggunakan Semua dalam Satu Paket SEO dengan Google Analytics

Sekarang Anda seharusnya sudah menemukan bahwa Google Analytics adalah alat yang hebat untuk melacak perilaku pengunjung Anda. Jika Anda menggunakan WordPress untuk situs Anda dan telah memutuskan untuk menjelajah ke statistik, sebaiknya Anda menggunakan plugin All in One SEO Pack.

Ini menawarkan cara mudah untuk mengintegrasikan Google Analytics di situs Anda tanpa harus mengambil risiko melanggar situs Anda atau mengotak-atik kode. Seluruh proses sangat sederhana dan dijelaskan di sini.

Tapi bukan itu yang ditawarkan: ada juga berbagai pengaturan lanjutan lainnya seperti melacak beberapa domain, menambah domain tambahan, meningkatkan e-commerce, melacak tautan keluar, tidak termasuk peran pengguna WordPress dari pelacakan dan banyak lagi.

Membungkus / Wrapping Up

Gambaran dasar keempat bagian yang dapat ditindaklanjuti ini harus memudahkan tantangan mengumpulkan data yang relevan untuk bisnis Anda. Namun, mendapatkan data berharga dari Google Analytics memerlukan kerja, waktu, dan kesabaran. Nantikan artikel yang menggali lebih dalam penggalian dan analisis data secara akurat di Google Analytics.

Untuk saat ini, Anda dapat melihat beberapa tutorial di Akademi Google Analytics.

 

 

tags:

Related For Bagaimana Google Analytics Bisa Meningkatkan Jumlah Visitor