webmurah.id

Jasa Membuat Website Moderen Dengan Biaya Murah

Menu

SEO by Yoast Plugin Untuk Mengatur Title dan Meta Description

September 1, 2017 | Belajar SEO

SEO by Yoast Plugin Untuk Mengatur Title dan Meta Description – Berjumpa kembali kali ini izinkan saya untuk membagikan salah satu informasi sekiranya dapat bermanfaat yaitu mengnai optimasi seo onpage. Optimasi seo ini bisa dikatakan sangat penting untuk mendongkrak artikel kita bersaing di halaman utama mesin pencari google.

Title tag dan meta description merupakan struktur untuk menampilkan judul artikel dan nama website kita di halaman mesin pencari yang ter index, secara default website wordpress menggunakan struktur seperti ini Judul Blog > Arsip > Judul Artikel (Kata Kunci) ataupun terkadang sepertiini Judul Blog > Judul Artikel (Kata Kunci).

Dilihat dari struktur di atas beberapa webmaster menganggapnya kurang memenuhu standarisasi seo onpage yang baik, lalu seperti apakah yang di rekomendasikan dan apakah sulit melakukan setingannya.?

Baca Juga : Optimisasi SEO Gambar Dongkrak Pengunjung Website

Beruntunglah bagi agan yang websitenya menggunakan wordpress karena dengan bantuan sebuah plugin semuanya dapat teratasi tanpa repot dan di pusingkan dengan penggunaan script. SEO by Yoast adalah plugin yang akan kita gunakan kali ini, untuk tatacara installasinya saya anggap agan udah bisa melakukannya.

Perlu di ketahui dalam melakukan pengaturan Plugin SEO by Yoast kita akan fokus ke beberapa point penting untuk melakukan setingnya, di antaranya sebagai berikut :

  • General
  • HomePage
  • Post Types
  • Taxonomies

Untuk melulainya langsung sajah mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

Pengaturan General Plugin SEO by Yoast

SEO by Yoast Plugin Untuk Mengatur Title dan Meta Description 1

  1. Force rewrite Fungsi dari pengaturan titles pada tab GENERAL pada WordPress SEO tool ini digunakan untuk mencegah agar tidak terjadinya duplikat title tag atau meta tag pada blog anda, hal ini akan berdampak buruk dimata seo.
  2. Noindex subpages of archive, Tujuan dari pengaturan ini untuk mencegah sub page, dan seterusnya dari sebuah arsip blog agan dari index Google. Kenapa dilakukan pencegahan ini, karena dilakukan agar mencegah terjadinya duplikat title tag dan meta description.
  3. Add noodp dan Add noydir meta robots tag, sebenarnya hal ini tidak perlu untuk dikuatirkan. Akan tetapi jika agan ingin melakukan pencegahan silahkan tinggal di beri tanda centang. Apa pengaruhnya jika hal ini di centang? Untuk mencegah Google menggunakan deskripsi dari DMOZ atau Yahoo sebagai snippet dan mendorong googlebot untuk memilih meta description yang akan di gunkan.
  4. Clean Up the <head> Fitur iberguna untuk membuang hal-hal yang tidak perlu dari bagian <head>.
  5. Klik Save Setting

Mengatur Tab HOME

SEO by Yoast Plugin Untuk Mengatur Title dan Meta Description 2

Untuk penjelasan dari pengaturan di atas sebagai berikut :

  1. Tab HOME ini digunakan untuk mengatur title dan meta dari homepage blog wordpress agan
    Pada pagian kolom title template, silahkan masukan kata kunci yang agan ingin di targetkan untuk homepage agan lalu diakhiri dengan menambahkan | %%sitename%%. Jadi kurang lebihnya akan terlihat seperti ini: Kata Kunci Homepage | %%sitename%% Diusahakan agar panjangnya tidak melebihi dari 70 karakter, tujuannya agar tidak terpotong pada tampilan di Google.
  2. Isi meta description template, untuk kolom ini digunakan untuk memberikan deskripsi atas website kita usahakan batasi panjangnya maksimal 150 karakter.
  3. Author highlighting untuk bagian ini silahkan agan bisa isi dengan alamat URL profil dari Google + agan.
  4. Klik Save Settings

Mengatur Tab Post Types

SEO by Yoast Plugin Untuk Mengatur Title dan Meta Description 3

Untuk penjelasan dari pengaturan ini kurang lebihnya seperti berikut ini :

  1. Pengaturan yang ini sebenarnya sangat mudah, Atur title template untuk pages dan posts dengan pengeturan seperti ini %%title%% | %%sitename%%
  2. Pada bagian media, centang noindex, follow, karena pada halaman media ini bisa membuat duplikat attribut SEO jika agan tidak mencentang pada bagian opsi di atas
  3. Klik Save Settings

Optimasi setiap kali ketika akan memosting sebuah artikel

Hal ini agan wajib lakukan ketika hendak akan memosting atau mem publish artikel yang agan buat, usahakan bertujuan agar hasil snippet di google tidak autu generate. Setelah agan meng instal plugin SEO by Yoast maka akan muncul sebuah pengaturan di di bagian page dan post editing, letaknya di paling bawah serta tampilannya seperti berikut :

SEO by Yoast Plugin Untuk Mengatur Title dan Meta Description 4

Untuk penjelasan adri setingan di atas sebagai berikut :

  1. Ketikkan Title Tag agan untuk halaman artikel. Atau coba bisa lakukan klik pada Generate SEO Title. Title tag yang agan ketikkan diusahakan haruslah mengandung kata kunci yang di targetkan, dan membuat pengunjung tertarik untuk melihat artikel agan.
  2. Setelah itu pada bagian kolom meta keywords, masukkan maksimal 50 karakter yang mengandung kata kunci, untuk menjadi snippet postingan pada halaman hasil pencarian.
  3. Kolom lainnya seperti keywords, menurut beberapa ahli seo biarkan saja kosong, karena saat ini tidak berpengaruh terhadap seo.

Mungkin itu penjelasan mengenai SEO by Yoast Plugin Untuk Mengatur Title dan Meta Description semoga dapat membatu, dan semoga artikelnya cepat ter index dan masuk di halaman utama hasil pencarian untuk meningkatkan jumalah pengunjung website.

Kurang lebihnya saya mohon maaf, jika ada keritik dan sarannya bisa memberikan komentarnya di bawah ini.

 

tags:

Related For SEO by Yoast Plugin Untuk Mengatur Title dan Meta Description